Musyawarah Jelang SILATDA Idharoh Syu'biyah JATMAN Lampung Tengah

Baitulmustaqim.com - Musyawarah Jelang SILATDA Idharoh Syu'biyah JATMAN Lampung Tengah. Jam'iyah Ahlith Thoriqoh Al-Mu'tabaroh (JATMAN) Lampung Tengah siang tadi gelar musyawarah persiapan SILATDA JATMAN di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur Lampung Tengah.
Musyawarah Jelang SILATDA Idharoh Syu'biyah
Dalam acara ini dihadiri oleh para pengurus idharoh Syu'biyah Lampung Tengah, juga para pengurus Ghusniyah, yang ada di seputaran Kabupaten Lampung Tengah.

Hadir juga KH. Fatkhul Mujib Rais JATMAN Lampung Tengah, sekretaris KY. Aminan, M. Pd, Katib KH. Jaelani MS., Juga para ibu-ibu Wathonah.

Sebelum pembahasan musyawarah tentang persiapan SILATDA JATMAN Syu'biyah maka diadakan evaluasi kegiatan yang sudah berjalan selama ini.

Sampai saat ini kegiatan rutin digelar pada setiap tiga bulan sekali atau kegiatan Triwulanan. Dengan pembagian zona Barat, Tengah juga Timur. 

Kegiatan yang dilaksanakan yakni Istighosah dan Haul Masyayikh, dari beberapa Masyayikh Thoriqoh yang ada di seluruh Lampung Tengah.

Pengurus Idharoh Ghusniyah sampai saat ini sudah terbentuk sebanyak 27 Kecamatan dari 28 Kecamatan yang ada di Lampung Tengah. Satu Kecamatan yang belum terbentuk yakni Kecamatan Terusan Nunyai.

Dalam musyawarah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim siang tadi para pengurus JATMAN Idharoh Syu'biyah mengemukakan berbagai pendapat dan masukan demi terciptanya sebuah organisasi badan Otonom NU yang aktif dibidangnya.

Untuk menciptakan hal tersebut perlu adanya koordinasi atau rapat antara pengurus Syu'biyah dan Ghusniyah yang berguna untuk menjelaskan tupoksinya. Di antaranya mengidentifikasi para badal dan Mursyid yang ada.

"Perlu diadakan rapat antara pengurus Syu'biyah dan Ghusniyah guna untuk menjelaskan tupoksinya masing-masing, mengidentifikasi para badaldan Mursyid", kata dr. Fanani saat memberikan masukan kepada seluruh musyawirin yang hadir.

وَأَلَّوِ ٱسْتَقَٰمُوا۟ عَلَى ٱلطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَٰهُم مَّآءً غَدَقًا

Artinya: "Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezeki yang banyak)".

Bisa kumpul duduk Bareng dengan jajaran FORKOPIMDA  hanya demi kemaslahatan dengan batas-batas tanpa adanya Urusan Politik Apapun. dengan harapan Ihwan Thoriqoh bisa membaur di semua kalangan, baik pengurusnya maupun ajaranya Thoriqohnya. Kata Rais JATMAN KH. Fatkhul Mujib.

Selain Menghauli Para Masyayikh Thoriqoh, juga menghauli para tokoh-tokoh pendiri Kabupaten Lampung Tengah,  Bersama-sama Bupati dan tokoh-tokoh daerah, dan mengikutsertakan Forkopimda, baik Pemerintah, kepolisian ataupun Jajaran POLRES, sehingga dalam misi penyampaian Thoriqoh dapat terlaksana.

"Menghauli paraMasyayikh Thoriqoh, juga menghauli para tokoh pendiri Kabupaten Lampung Tengah, bersama-sama bupati dan tokoh daerah, juga mengikutsertakan Forkopimda baik itu dari jajaran pemerintah, kepolisian hingga POLRES sehingga dalam misi penyampaian ajaran Thoriqoh dapat terlaksana di semua lapisan". Kata Mudir Thoriqoh JATMAN Lampung Tengah KH. Muchtar Ghozali saat mengakhiri musyawarah.

Dari berbagai usulan dan masukan para pengurus Syu'biyah dan Ghusniah yang hadir maka menghasilkan keputusan terkait pelaksanaan SILATDA sebagai berikut:
  1. SILATDA sebagaimana di Intruksikan seperti Halnya SILATNAS, yang akan diadakan oleh Pengurus Idharoh Aliyah (Pusat) dengan tujuan bisa mengadopsi program-program dari Idharoh Aliyah. 
  2. Insyaallah Rakercab Idharoh Syu'biyah JATMAN Lampung Tengah, akan dilaksanakan di Pondok Darul Ulum , Seputih Banyak pada tanggal 14 Januari 2022.
  3. Masing-masing Kecamatan mengutus pengurus Ghusniyah minimal 8 orang, antara lain Rais, Mudir, Katib, Sekretaris, Bendahara,Wathonah, Matan dan Peninjau.
Untuk melihat dokumentasi Musyawarah Jelang SILATDA Idharoh Syu'biyah dapat dilihat disini.

Demikian informasi seputar Musyawarah Jelang SILATDA Idharoh Syu'biyah JATMAN Lampung Tengahsemoga musyawarah yang dilaksanakan oleh jajaran pengurus Thoriqoh Idharoh Syu'biyah membawa kemajuan dan kemaslahatan warga thoriqoh se-Lampung Tengah dan Lampung.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam ......Bamus Media

Post a Comment

Previous Post Next Post