Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Selamat Datang di Situs Resmi Pon.Pes. Baitul Mustaqim Punggur, Lampung Tengah Situs Yang Membahas Seputar Pondok, dan Ilmu Agama Juga Informasi Penting Lainnya

Semarak Hari Raya Idul Adha Baitul Mustaqim Pra-Pandemi Covid-19 Menggelegar

 Baitulmustaqim.com - Semarak Hari Raya Idul Adha Baitul Mustaqim Pra-Pandemi Covid-19 MenggelegarHari Raya Idul Adha adalah salah satu hari raya umat Islam yang kedua setelah hari raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijah setiap tahunnya. Umat Islam seluruh dunia merayakannya, dengan di awali pembacaan Takbir, Tahmid, Tasbih juga Tahlil pada malam hari raya.
Semrarak Takbir Keliling Baitul Mustaqim
Hari Raya Idul Fitri mempunyai perbedaan dibandingkan dengan hari raya Idul Fitri, selain dari tanggal pelaksanakannya, juga perbedaan terdapat pada rangkaian ibadah yang ada di dalamnya. Jika pada Hari Raya Idul Adha setelah melaksanakan sholat Ied dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban yang berupa Sapi, Kerbau, juga Kambing.

Perbedaan yang sangat mencolok yaitu pelaksanaan ibadah Haji di tanah suci Makkah dan dilanjutkan di Madinah atau sebaliknya. Namun saat Tanggal 8 dan 9 seluruh jama'ah haji berkumpul menjadi satu di Padang Arafah menunaikan wajib haji.

Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur dalam hari raya Idul Adha ini juga tidak menyia-nyiakan momentum yang sangat sakral dalam ajaran Islam ini. 

Di awali dengan lomba takbir antar kamar, takbir keliling Kampung Sidomulyo dan sekitarnya. Dalam takbir ini keliling ini bekerjasama dengan para Remaja Islam Masjid (RISMA) Baitul Mustaqim.

Semarak Idul Adha dengan bersama-sama menggaungkan Takbir, Tahmid juga Tahlil secara bergiliran dan serempak. Mengingat acara seperti ini tentunya sangat dirindukan oleh seluruh santri Pondok Pesantren Baitul Mustaqim, Pasalnya dua tahun sudah acara takbir keliling di tiadakan karena adanya Pandemi Covid-19.

Selain lomba takbir keliling Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Pondok Pesantren Baitul Mustaqim menggelar lomba-lomba yang lain. Lomba tersebut adalah tabuh berduk untuk santri putra, dan lomba Sholawat untuk santri putri.

Untuk menciptakan generasi santri yang mumpuni dan memahami dalam segala bidang PBHI juga menggelar sebuah lomba yang sangat identik dengan Hari Raya Idul Adha, yaitu lomba Manasik Haji. 

Dalam lomba manasik ini haji seluruh santri diharapkan dapat memahami seluruh rangkaian ibadah haji sebagaimana Haji dan Umroh yang dilaksanakan di Makkah.

Adapun jadwal kegiatan lomba-lomba dalam rangka memeriahkan Hari Raya Idul Adha 1434H sebagai berikut:
  1. Lomba Takbir Keliling
  2. Lomba Manasik Haji
  3. Lomba Sholawat
  4. Lomba Tabuh Beduk
Demikian informasi tentang Semarak Hari Raya Idul Adha Baitul Mustaqim Pra-Pandemi Covid-19 MenggelegarSemoga acara ini berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan. Dapat hadir tanpa ada kendala yang bearti, dan tentunya akan mmberikan hikmah kepada kita semuanya.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam ......Baitulmustaqim

Post a Comment for "Semarak Hari Raya Idul Adha Baitul Mustaqim Pra-Pandemi Covid-19 Menggelegar"