Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Selamat Datang di Situs Resmi Pon.Pes. Baitul Mustaqim Punggur, Lampung Tengah Situs Yang Membahas Seputar Pondok, dan Ilmu Agama Juga Informasi Penting Lainnya

Pengajian Bulan Romadlon Ciptakan Generasi Santri yang Ahli Dalam Kitab Kuning

 Baitulmustaqim.com - Pengajian Bulan Romadlon Ciptakan Generasi Santri Yang Ahli Dalam Kitab Kuning -Bulan Romadlon adalah salah satu bulan diantara bulan Hijriyah. Bulan yang sangat dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim di Indonesia bahkan juga dunia. Terlebih lagi di kalangan santri, bulan Romadlon adalah sebuah bulan yang ditunggu-tunggu untuk memperbanyak ilmu-ilmu yang hanya di dapat selama satu tahun sekali.
Santri Putri Saat mengikuti pengajian
Jika biasanya ilmu-ilmu juga kitab hanya didapat saat madrasah diniah saja, maka disaat bulan Romadlon akan bertambah ilmu dan kitab yang di miliki dan di kuasai oleh para santri.

Didalam bulan Romadlon santri diwajibkan mengikuti pengajian kitab minimal 2 sampai jenis kitab yang ada pada saat bulan Romadlon. Mulai  dari kelas 1 Mualimin Pertama (MP) sampai kela 3 Mualimin Atas (MA), bahkan para alumni  yang masih di Pesantren atau bahkan yang terjangkau jaraknya tetap mengikuti pengajin di bulan Romadlon ini.

Pada tahun ini Pondok Pesantren Baitul Mustaqim mengadakan pengajian kitab Bulan Romadlon dengan berbagai macam jenis kitab. Ada yang Tasawuf, Fiqih, Hadits, Tarikh, Akhlaq, Ilmu Alat, dan kitab-kitab kuning khas pesantren lainnya.

Dalam pengajian Romadlon pada tahun ini dimulai dari tanggal 1 Romadlon hingga tanggal 21 Romadlon, di tutup dengan kegiatan khataman pngajian kitab Romadlon sekaligus acara buka bersama.

Dari sekian banyak kitab yang dibaca pada Pengajian Bulan Romadlon Ciptakan Generasi Santri yang Ahli Dalam Kitab Kuning kali ini terbagi beberapa waktu. Mulai dari Ba'da Subuh, Bad'da Dhuhur, Ba'da Dhuhur,Hingga diakhiri pada jam ketiga ba'da Tarawih.
Santri Putra Mengikuti slah satu pengajian
Untuk ustadz pembaca kitab sendiri berasal dari para Kyai dan ustadz-ustadz yang sudah menguasi dalam bidang kitab masing-masing. Antara lain adalah:
  1. KH. Muchtar Ghozali (Pengasuh)
  2. KH. Abdul Jalal (Kyai Sepuh)
  3. Ky. Nurhadi Irawan
  4. KH. Syamsudin Arif
  5. KH. Zarmuji
  6. Ky. Muhadi
  7. Ky. Imam Muthohar
  8. Ky. Miftakhul Ulum
  9. Ky. Ahmad Toha
  10. Ustadz Ali Ismail
  11. Juga Putra Sulung pengasuh, Gus Sholin yang saat ini masih menimba ilmu di Pondok Lirboyo, Jawa Timur.
  12. Dan juga  para ustdaz yang lainnyacalon generasi penerus

Demikian informasi seputar Pengajian Bulan Romadlon Ciptakan Generasi Santri yang Ahli Dalam Kitab Kuning, Semoga dengan adanya kegiatan tahunan pada setiap bulan Romadlon ini dapat menciptakan para santri yang ahli dalam kitab kuning yang menjadi ciri khas pondok pesantren salaf yang berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah.

Tetap ikuti kami Baitulmustaqim.com yang selalu update informasi seputar Pondok Pesantren Baitul Mustaqim, juga informasi-informasi penting lainnya di bidang ke-pesantrenan.

Ikuti pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam.....Kontributor Baitulmustaqim Andikabm

Post a Comment for "Pengajian Bulan Romadlon Ciptakan Generasi Santri yang Ahli Dalam Kitab Kuning"