Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Baitul Mustaqim.com GROUP GLOBAL MENGUCAPKAN SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERSELENGGARANYA G20 Bali, Indonesia, pada tahun 2022. G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Gerakan Baitulmustaqim.com DUKUNG G20 YAKNI mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Khataman Kitab dan Buka Bersama Ala Santri Baitul Mustaqim

 Baitulmustaqim.com - Khataman Kitab dan Buka Bersama Ala Santri Baitul Mustaqim - Khataman kitab adalah sebuah acara yang sangat ditunggu bagi para santri di saat bulan Romadlon. Pasalnya pada acara khataman adalah sebagai pertanda telah berakhirnya kegiatan Pengajian Bulan Romadlon yang dilakukan selama dua pulah harian. Jenuh, lelah dan capek terkadang terbesit di benak para santri, dan rasa kantuk dan malas yang sesekali menyelimuti santri saat memulai Pengajian Kitab Romadlon tersebut.
Suasana Khataman Kitab dan Pembacaan Tahlil
Khataman dan buka bersama dilakasanakan pada tanggal 21 Romadlon 1443 H, atau bertepatan dengan tanggal 22 April 2022 M. Acara khataman ini bertempat di aula Pondok Pesantren Baitul Mustaqim.

Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim KH. Muchtar Ghozali berharap dengan adanya pengajian kitab selama bulan Romadlon ini para santri dapat menambah ilmu-ilmu dari berbagai kitab yang telah dibaca.

Sebelum khataman kitab pengasuh myampaikan beberapa hal terkait pentingnya mengirim do'a kepada keluarga kita yang sudah meninggal, Orang yang meninggal itu sama halnya kita saat masih hidup, saling berkunjung dan menanyakan apakah keluarga sudah mendo'akan kepada si mayit.

"Orang dalam kubur sama sebagaimana kita hidup didunia, saling silaturahmi antara 1 dengan yang lain. Saling berkunjung menanyakankeadaan masing-masing. Apakah keluatrga sudah mendo'akan atau belum". Kata KH. Muchtar saat memulai mauidohnya.

"Para ahli kubur itu lebih butuh daripada kita yg hidup di dunia, maksudnya lebih membutuhkan kiriman do'a dari ahli wasrinya, Tambah pengasuh Pondok Pesantren tersebut.

Karena orang yang sudah meninggal lebih membutuhkan kiriman do'a daripada yang hidup, sampai-sampai Allah SWT memberikan keringan kepada umat Nabi Muhammad SAW, dengan beberapa bacaan atau amalan yang dapat meringankan para ahli kubur.

" Bacaan atau amalan Ayat kursi 3 x, kepadaahli kubur maka akan keluar nur cahaya dari arah timur dan barat menuju makam , dan makam tersebut akan  diluaskan oleh Allah, ada lagi berkah bacaan solawat maka seluruh penduduk kubur dapat ampunan dari Allah SWT, dari bacaan 1 solawat yg dikhususkan untuk 1 orang". Pungkas KH. Muchtar saat menjeang bacaan tahlil.

Pada acara khataman kitab dan bukber kali ini membawa kebahagian tersendiri bagi para santri. Santri  mulai dapat berkemas untuk pulang ke kampung halaman yang sudah sekian lama ditinggalkan dan sudah pasti sangat dirindukannya.

Dalam acara Khataman Kitab dan bukber kali ini seperti biasa mengundang seluruh Kyai dan para asatidz yang turut serta membaca kitab, juga tetangga kanan kiri masyarakat yang berdomisili skitaran pondok.

Adapun rangkaian acara pada khataman kitab dan buka bersama ini antara lain sebagai berikut:
  1. Khataman Al-Qur'an oleh santri tahfidz 
  2. Mauidzotul Hasanah
  3. Kirim Do'a dan pembacaan tahlil untuk para mushonif atau pengarang kitab yang dikaji saat bulan Romadlon
  4. Kirim do'a untuk para muasis atau pendiri juga guru-guru dari para kyai dan ustadz yang mengajar di pesantren
  5. Sholat Maghrib berjama'ah 
  6. Buka bersama
Acara ditutup dengan ramah tamah dalam buka bersama yang dihadiri oleh seluruh undangan dan para santri.
Acara Buka bersama dengan undangan 

Demikian informasi seputar Khataman Kitab dan Buka Bersama Ala Santri Baitul Mustaqim. Semoga para santri yang menikuti pangajian kitab dapat mengamalkan ilmunya kelak, aamiin.

Tetap ikuti kami Website resmi Baitulmustaqim.com yang selalu berbagi ilmu seputar pesantren juga informasi-informasi penting lainnya.

Ikuti dan dukung pula Media Sosial kami :
Terimakasih, Wassalam .....Kontributor Baitulmustaqim andikabm

1 comment for "Khataman Kitab dan Buka Bersama Ala Santri Baitul Mustaqim"

  1. Semoga idul fitri membawa kita kembali kepada jiwa yang fitri. Minal aizin wal faizin mohon maaf lahir dan batin.

    ReplyDelete