Keistimewaan Bulan Rajab di Asrama Thariqoh Punggur

 Baitulmustaqim.com - Keistimewaan Bulan Rajab di Asrama Thariqoh Punggur - Bulan Rajab adalah salah satu bulan yang mendapatkan derajat yang mulia disisi Alah SWT diantara bulan-bulan Hijriyah yang lainnya. Bulan Rajab adalah bulan yang ketujuh pada urutan kalender Hijriyah. Kata "Rajab" mempunyai arti Keagungan atau mulia. bahkan bulan Rajab ini diabadikan oleh Allah SWT di dalam Al-Qur'an sebagai Asyhurul Hurum Bulan-bulan yang dihormati.
Asrama Thariqoh

Do'a Rasulullah SaW yang telah diajarkan untuk memuliakan bulan Rajab di saat bulan Rajab datang, maka sebaiknya kita berdo'a sebagaimana perintah Nabi Muhammad SAW. Bunyi Do'a tersebut adalah :
اللَّهُـمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ
Artinya: "Ya Allah, berkati kami di bulan Rajab dan Sya’ban serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadan." (HR. Baihaqi no. 3921 & HR. Bazzar no. 6468; hadis serupa ditemukan di Musnad Ahmad no. 2228). 

Dengan datangnya bulan Rajab ini sebagai agenda rutin yang dilakukan oleh para jama'ah Thariqat Asuhan KH. 'Ali Hasyim Punggur yang saat ini di asuh oleh KH. Muchtar Ghozali, yaitu melaksanakan suluk/khalwat selama 10,20,30,atau bahkan 40 hari.

Untuk pengertian Suluk itu adalah latihan dalam perjalanan hidup kerohanian menuju mendekati Allah, sedangkan Khalwat adalah berada pada suatu tempat yang sunyi dalam rangka melaksanakan perjalanan tersebut secara mandiri.

Demi menciptakan kenyamanan bagi para jama'ah yang akan beribadah, satu minggu sebelumnya panitia pesuluk'an santri-santri pondok yang dipimpin oleh Kiai Nurhadi, melakukan ro'an untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Mulai dari bersih-bersih aula, asrama untuk jama'ah bapak-bapak juga asrama untuk ibu-ibu.
Asrama Jama'ah Suluk
Selama waktu yang telah ditentukan tersebut para jama'ah suluk tidak diperkenankan meninggalkan lokasi asrama. Diisi penuh dengan kegiatan ibadah, puasa, wirid, dan pengajian-pengajian pada waktu-waktu khusus.

Adapun jadwal kegiatan yang sudah biasa dilakukan antara lain sebagai berikut:
  1. Pagi Shalat-Shalat sunah, Isroq, Shalat Dhuha dan lain-lain
  2. Bersih-bersih, mencuci dan mandi 
  3. Shalat Dhuhur berjama'ah. 
  4. Ba'da dhuhur Tawajuhan dilanjutkan wirid pribadi
  5. Mandi dan bersih-bersih menjelang shalat Ashar.
  6. Shalat Ashar berjama'ah dilanjutkan dengan Tawajuhan
  7. Berbuka puasa dan dilanjutkan shalat maghrib
  8. Shalat-shalat sunah ba'diyatal Maghrib.
  9. Shalat Isya' berjama'ah dilanjutkan dengan shalat Tasbih, dan shalat Witir
  10. Setelah shalat Isya' Khataman Khawajikan dilanjutkan dengan pengajian.
  11. Istirahat, tidur.
  12. Sekitar jam 00.00, jama'ah bangun mandi taubat 
  13. Dilanjutkan dengan shalat malam (Shalat Hajat dan Tahajud), lalu makan sahur,Khataman Khawajikan kemudian istirahat
  14. Bangun shalat Subuh berjama'ah.
Demikian kegiatan para jama'ah thariqah saat berada di asrama pesuluk'an. Khusus untuk hari Selasa dan Jum'at pagi Guru Mursyid memberikan tambahan amalan wirid untuk diamalkan selama berada di pondok dan dirumah masing-masing.

Thariqah yang diajarkan di Punggur ini asuhan KH. 'Ali Hasyim yang dilanjutkan kepada cucunya KH. Muchtar Ghozalai yaitu Thariqah An-Naqsyabandiyah Al-Qolidiyah.

Kegiatan yang seperti ini sudah rutin dilaksanakan pada setiap bulan Muharram, Rajab, juga bulan Ramadhan, dengan masing-masing jumlah jama'ah yang berbeda-beda. Namun terkadang pada setiap bulan-bulan tertentu masih saja ada jama'ah yang melaksanakan Khalwat di asrama pesuluk'an.


Demikian informasi yang dapat admin sampaikan seputar Keistimewaan Bulan Rajab di Asrama Thaqoh Punggur. Semoga informasiini bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi para jama'ah yang akan mengikuti ibadah berupa Suluk dan Khalwat di asrama.

Terimakasih, Wassalam ....Baitulmustaqim.com

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama