Ijazah Sholawat Busyro KH. Muchtar Ghozali, Sholawat Yang Mendatangkan Kebahagiaan

Baitulmustaqim.com - Ijazah Sholawat Busyro KH. Muchtar Ghozali, Sholawat Yang Mendatangkan Kebahagiaan - Sholawat Al Busyro adalah sholawat yang diijazahkan oleh Rasulullah saw kepada salah satu putra Habib Hasan bin Ahmad Baharun hingga sering kali disebut dengan sholawat Busyro. KH. Muchtar Ghozali mendapatkan ijazah dari KH. Mujib Seputih Banyak. 
Sholawat Busyro

Baru tadi malam Sholawat tersebut diijazahkan kepada para alumni santri Baitul Mustaqim yang berdomisili di sekitaran Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah, juga sampai Kecamatan lain dan Kabupaten lain seperti Lampung Utara, Lampung Timur.

Kisah Awal Sholawat Busyro 

Sholawat Busro berawal dari sebuah kisah Habib Segaf bin Hasan Baharun yang menceritakan dan menyampaikan kepada Habib Ahmad Al Habsyi ketika beliau berdua mengadakan temu kangen halal bi halal secara online.

Habib Segaf menceritakan ada di antara putra Habib Hasan Baharun, beliau bermimpi Rasulullah dan Rasulullah memberikan ijazah ini sebagai bentuk kepedulian beliau kepada ummatnya. Kalimat itu langsung diajarkan oleh Rasulullah Saw. Rasulullah Saw memberikan ijazah sholawat Busyro langsung melewati mimpi Habib Segaf bin Hasan Baharun, Pasuruan.  


Fadhilah Keutamaan Sholawat Al Busyro

Fadhilah membaca Sholawat sangat banyak sekali, apabila seseorang membaca sholawat maka Allah akan menghitung 10 kebaikan dalam setiap hurufnya. Seperti Sholawat Jibril , terhitung bukan satu sholawat namun setiap hurufnya yang dihitung.

"Membaca sholawat itu sangat besar sekali fadhilahnya, setiap satu huruf dihitung sepuluh kebaikan. Sebagaimana Sholawat Jibril dan solawat yang lebih panjang lagi semuanya dihitung setiap hurufnya bukan ata nama satu sholawat tersebut." Kata KH. Muchtar Ghozali.

"Membaca Al-Qur'an dan solawat itu sama-sama mendapatkan Rohmat, jika membaca Al-Qur'an adalah salah satu bentuk komunikasi dengan Allah, maka membaca Sholawat adalah bentuk komunikasi dengan Nabi Muhammad Saw."  Imbuh Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim ini. 

"Yang paling penting kita stiap hari bersholawat, apapun sholawatnya, sebagai bukti cinta kita kepada Nabi Muhammad Saw. Syafa'at dari Rasulullah salah satu fadhilah yang paling utama," Pungkasnya

Didalam banyak hadits dijelaskan tentang fadhilah membaca sholawat salah satunya adalah.

حَدَّثَنَا أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلَاةً وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ 

Artinya: "Telah menceritakan kepada kami Anas bin Malik dia berkata; Rasulullah Shalallah Alaihi Wa Sallam bersabda: "Barangsiapa bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan mengucapkan shalawat kepadanya sepuluh kali, dihapuskan darinya sepuluh kesalahan, dan ia diangkat sepuluh derajat untuknya." (HR. Nasai) [ No. 1297 Maktabatu Al Maarif Riyadh] Shahih).

Fadhilah yang lain yang sudah terbukti antara lain:
  1. Melancarkan riki
  2. Membawa kegembiraan dan kesenangan
  3. Melancarkan urusan
  4. Mengabulkan segala hajat

Cara dan Waktu Membaca Sholawat Busyro 

Untuk Tatacara dalam mengamalkan Sholawat busyro yaitu dibaca pada waktu pagi setelah sholat shubuh, dibaca 41 kali, jika mempunyai hajat yang besar disaat membaca lafad تُبَشِّرُنَابِهَا disampaikan hajatnya.

Teks Sholawat Busyro

Berikut adalah text sholawat busro

اَللّهُمَّ صَلِّى وَ سَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَاحِبِ اْلبُشْرَى صَلاَةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَأَهْلَنَا وَأَوْلَادَنَا وَجَمِيْعِ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِيْنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَا مِنْ يَوْمِ هَذَا اِلى يَوْمِ اْلآخِرَةِ

Teks Latin : "Allahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii’a masya’khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min waumina hadza ilaa yaumil akhiroh."

Artinya: "Ya Allah berikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad Sosok Pembawa Kabar gembira, dengan sholawat yang memberikan kami kabar gembira untuk kami keluarga kami, anak anak kami, dan seluruh masyayikh kami, guru guru kami, murid murid / santri kami. santriwati kami, dari hari ini hingga hari akhir"

Insya Allah dengan rutin membaca sholawat busyro ini maka kita semua akan dimudahkan urusan, dilunaskan hutang, dijauhkan dari fitnah dan segera diberikan kabar gembira.

Tulisan Sholawat Al Busyro Yang Benar 

Untuk kebenaran terkait bacaan Sholawat Busyro yang benar banyak yang berselisih paham. Khusus pada lafad Bagi para ahli nahwu tentunya mengharapkan dalam membaca sholawat busyro ini مشايخنا baca : masyayikhinaa dengan yaa’. Namun yang benar dalam membacanya مشائخنا Baca : Masyaikhinaa dengan menggunakan huruf hamzah.

Bagaimanakah kebenaran tulisan dan bacaan Sholawat Busro ini disampaikan oleh Saya Kasyfuddin, beliau adalah sahabat saya yang diantara pertama kali mendapatkan tulisan dari Habib Segaf Baharun dari teks sholawat busyro yang diijazahkan dari Habib Segaf Baharun.

Sebagai tindak lanjutnya para alumni yang tergabung dalam grup Forum Silatirahmi Alumni Santri (FORSILA) Baitul Mustaqim bersepakat untuk melaksanakan rutinan membaca Sholawat Busro setiap mala Jum'at Kliwon.

Untuk yang akan mengikuti dapat bergabung pada setiap pelaksanaanya pada setiap 35 hari (selapan) sekali di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur.


Demikian Ijazah Sholawat Busyro KH. Muchtar Ghozali, Sholawat Yang Mendatangkan Kebahagiaan, Semoga dengan ijazah Sholawat Busyro ini kita dapat mengamalkannya sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah Saw. 

Terimakasih, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya. Wassalam ....San3kalongbm 

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama