Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Baitul Mustaqim.com GROUP GLOBAL MENGUCAPKAN SELAMAT DAN SUKSES ATAS TERSELENGGARANYA G20 Bali, Indonesia, pada tahun 2022. G20 adalah forum kerja sama multilateral yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa (EU). Gerakan Baitulmustaqim.com DUKUNG G20 YAKNI mewujudkan pertumbuhan global yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif.

Dalam Rangka Mewujudkan Pesantren Muadalah Dewan Pengasuh Yayasan Baitul Mustaqim Hadiri acara Silaturahmi Alumni Pondok Tremas Se-Jawa Tengah

 Baitulmustaqim.com - Dalam Rangka Mewujudkan Pesantren Muadalah Dewan Pengasuh Yayasan Baitul Mustaqim Hadiri acara Silaturahmi Alumni Pondok Tremas Se-Jawa Tengah - Sudah saatnya Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur Kabupaten Lampung Tengah membuat sebuah pendidikan yang setara dengan pendidikan formal. Mengingat usia pondok pesantren Baitul Mustaqim saat ini sudah mencapai 26 tahun sejak didirikannya Pondok Pesantren Baitul Mustaqim pada tahun 1996 yang lalu. 
Pertemuan Alumni Santri tremas Se-Jawa Tengah di Salatiga
Demi mewujudkan Pesantren Muadalah dewan pengasuh Yayasan Baitul Mustaqim menghadiri acara Silaturahnmi alumni Pondok Tremas se-Jawa Tengah di Aula Masjid Klenteng Salatiga Senin 26/01/2022. 

Dewan pengasuh Baitul Mustaqim ikut hadir dalam acara tersebut sebagai satu-satunya peserta yang berasal dari Provinsi Lampung, KH. Muchtar Ghozali (Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Muataqim) Kiai Sya'roni (Pengasuh Pondok Tahfidzm Baitul Mustaqim), Kiai Miftakhul Ulum (Majelis Ma'arif Baitul Muataqim).
Pembacaan Sholawat Nabi
Dalam acara tersebut dihadiri oleh seluruh alumni santri Perguruan Islam Pondok (PIP) Tremas Pacitan Jawa Timur se-Jawa Tengah. Hadir secara langsung dan memberi motivasi kepada seluruh peserta yang hadir Sekjen Forum Komunikasi Pesantren Mu’adalah (FKPM) KH. KRT. Luqman Haris Dimyathi yang juga salah satu dewan Pengasuh PIP Tremas.

Bagi para alumni yang mengelola pondok pesantren untuk segera mengurus madrasah diniah di lingkungan pesantrennya menjadi sebuah satuan pendidikan Muadalah.

 "Sudah saatnya para kiai yang memangku pondok-pondok pesantren untuk segera mengurus madrasah diniah yang berada di lungkungan pesantrennya masing-masing menjadi sebuah satun pendidikan Muadalah." Kata KH. Luqman Haris saat memberikan sambutannya.

"Kepada seluruh alumni diharapkan agar tetap istiqomah di jalur pesantren salafiyah yang merupakan sebuah cikal bakal keberadaan model pendidikan yang ada di Indonesia." Imbuh Sekjen FKPM tersebut.

Kiai Luqman, memberikan motivasi terkait pesantren Muadalah ini dengan menceritakan kisah seorang tokoh pendiri Pondok Tremas yang berhasil menjadi maahsiswa pertama kali di Al-Azhar Kairo. Guna untuk membangkitkan kembali visi besar KH Abdul Manan Dipomenggolo, mahasiswa pertama di Al-Azhar dan pendiri Pondok Tremas, membawa pesantren go internasional dan diakui sebagai warisan tak ternilai bagi peradaban dunia.

Mungkin masih banyak yang belum memahami apa sebenarnya Pesantren Muadalah itu? Kenpa harus digaungkan dan diadakan apa tujuan dari Pesantren Muadalah? Maka kali aini admin juga akan menjelaskan sekelumit tentang pengertian Pesantren Muadalah serta tujuan dari pesantren Muadalah.

Pengertian Pesantren Muadalah

Pesantren Muadalah suatu jenjang pendidikan yang berada di kalangan pesantren yang mempunyai ciri khas kitab kuning. Dengan pengertian Pesantren muadalah adalah satuan pendidikan keagamaan Islam yang diselenggarakan oleh dan berada di lingkungan Pesantren dengan mengembangkan kurikulum sesuai dengan kekhasan pesantren dengan berbasis kitab kuning atau dirosah islamiyah dengan pola pendidikan muallimin yang berjenjang dan terstruktur dan setara dengan jenjang pendidikan dasar dan menengah pada lingkungan Kementerian Agama.

Tujuan Pesantren Muadalah

Tujuan diadakannya Satuan pendidiakan Muadalah antara lain sebagai berikut:
  1. Menanamkan kepada peserta didik untuk memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala;
  2. Mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik untuk menjadi ahli ilmu agama Islam (mutafaqqih fiddin) dan/atau menjadi muslim yang dapat mengamalkan ajaran agama Islam dalam kehidupannya sehari-hari; dan
  3. Mengembangkan pribadi akhlakul karimah bagi peserta didik yang memiliki kesalehan individual dan sosial dengan menjunjung tinggi jiwa keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, persaudaran sesama umat Islam (ukhuwah Islamiyah), rendah hati (tawadhu), toleran (tasamuh), keseimbangan (tawazun), moderat (tawasuth), keteladanan (uswah), pola hidup sehat, dan cinta tanah air.

Keuntungan Pesantren Muadalah

Jika dilihat keuntungan pesantren muadalah banyak sekali baik bagi penyelenggara maupun santri yang bermukim di pondok tersebut terlebih lagi bagi wali santri. Apabila sebelumnya santri harus melaksanakan kegiatan belajar  memerlukan banyak waktu dan tempat, namun setelah mengikuti pesantren muadalah ini santri cukup hanya satu tempat dan satu waktu.

Dengan kurikulum pesantren yang khas dengan kitab kuning juga sudah dilengkapi dengan pelajaran umum juga. Bagi wali santri keuntungan yang diperoleh yaitu dapat menghemat baiya hidup bagi anak-anaknya yang tinggal di pesantren.

Sebenarnya, pengertian pesantren muadalah di Indonesia terbagi menjadi dua macam. Jenis pertama adalah pondok pesantren yang lembaga pendidikannya telah disetarakan dengan lembaga-lembaga pendidikan di luar negeri walaupun di dalam negeri belum mendapatkan kesetaraan.

Karena itu, keuntungan yang lain yang lebih mengesankan adalah lulusannya langsung bisa melanjutkan ke Universitas al-Azhar Cairo Mesir, Universitas Umm al-Qurra Arab Saudi maupun dengan lembaga-lembaga non formal keagamaan lainnya yang ada di Timur Tengah. Ada juga yang sampai ke India, Yaman, Pakistan, dan Iran.


Demikian informasi terkait hadirnya Dewan Pengasuh Yayasan Baitul Mustaqim pada Acara Silaturahmi Alumni Pondok Tremas se-Jawa Tengah di Masjid Klenteng Jawa Tengah, Senin 26/1/2022.

Semoga cita-cita tersebut segera terwujud yang akhirnya berguna untuk mewujudkan alumni santri yang semakin berkualitas baik, berkhlaq dan cerdas di mata dunia dan akhirat.

Terimakasih.....Wassalam .....

Post a Comment for "Dalam Rangka Mewujudkan Pesantren Muadalah Dewan Pengasuh Yayasan Baitul Mustaqim Hadiri acara Silaturahmi Alumni Pondok Tremas Se-Jawa Tengah"