Demi Masa, Pentingnya Memanfaatkan Waktu, Ngaji Ahad Legi di Baitul Mustaqim Edisi 26 Desember 2021

 Baitulmustaqim.comDemi Masa, Pentingnya Memanfaatkan Waktu, Ngaji Ahad Legi di Baitul Mustaqim Edisi 26 Desember 2021Ahad Legi salah satu hari yang menjadi rutinitas bagi keluarga besar Pondok Pesantren Baitul Mustaqim, yang beralamtakan di Kampung Sidomulyo, Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan rutinan ini dilaksanakan di aula pondok Ahad Legi 26 Desember 2021.
KH. Muchtar Ghozali Saat Menghadiri Aula Pengajian

Pada edisi Ahad Legi ini 26/12/2021 dihadiri oleh jama'ah sekitar juga ibu-ibu muslimat yang berada di sekitaran kecamatan Punggur. Juga hadir para wali santri yang bermukim di asrama Pondok Pesantren Baitul Mustaqim serta para alumni yang tergabung dalam sebuah grup FORSILA Forum Alumni Santri Baitul Mustaqim.
Jama'ah Pengajian Ahad Legi
Dalam pengajian rutinan Ahad Legi diisi tausiyah oleh pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim KH. Muchtar Ghozali.

Dalam tausiyahnya menyampaikan beberapa hal tentang pentingnya menggunakan waktu. Pandai mengatur waktu dalam kehidupan sehari-hari. Agar supaya kita tidak masuk dalam golongan orang-orang yang merugi.

Mengutip sebuah surat dari Al-Qur'an yaitu surat Al-Ashr ayat 1-3 

وَالْعَصْرِۙ اِنَّ الْاِنْسَانَ لَفِيْ خُسْرٍۙ اِلَّا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ ەۙ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Artinya : "Demi masa, Sesungguhnya manusia pastilah di dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasihati untuk kesabaran".

Waktu tidak akan terulang kembali, tidak pernah akan kembali lagi terus berjalan tiada henti. Maka dari itu manusia akan merasa rugi, kecuali orang-orang yang beriman, beramal sholih, dan saling mengingatkan dalam hal kebaikan.

Juga dijelaskan di dalam sebuah hadits yang berbunyi :

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Artinya : “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara :
  1. Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu,
  2. Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu,
  3. Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu,
  4. Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu,
  5. Hidupmu sebelum datang kematianmu.”

Pengajian Ahad Legi yang rutin dilaksanakan setiap 35 hari sekali (Selapan-Jawa) sebagai wadah untuk jenguk para wali santri yang berdomisili di luar kabupaten Lampung Tengah. Untuk Pengajian selanjutnya pada Ahad Legi tanggal 30 Januari 2022. Bagi bapak ibu wali santri yang belum bisa hadir pada hari ini dapat hadir pada pertemuan yang akan datang.

Demikian Demi Masa, Pentingnya Memanfaatkan Waktu, Ngaji Ahad Legi di Baitul Mustaqim Edisi 26 Desember 2021. Semoga rutinitas seperti ini dapat berjalan dengan istiqomah hingga dapat memupuk keislaman dan keimanan jamaah yang menghadirinya.

Terimakasih, Wassalam ..... San3kalongbm


1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post