Pesta Kemerdekaan Ala Santri Di Pesantren Lampung

Pesta Kemerdekaan Ala  Santri Di Pesantren Lampung - Pesta kemerdekaan adalah menjadi semua hak warga negara Indonesia. Baik tingkat pusat maupun sampai bawah yaitu lapisan masyarakat di pedesaan. Bahkan lomba-lomba saat memeriahkan dalam hari kemerdekaan tersebut banyak yang unik jika di pedesaan. Seperti pecah balon, lari karung, panjat pinang dan lain sebagainya. Tak luput pula sebagai santri turut memeriahkan hari kemerdekaan pada HUT RI ke 76 ini. Di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Punggur Lampung Tengah para pengurus mengadakan lomba-lomba untuk memeriahkan HUT RI 76 tersebut. Sebagai ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan yang telah diperoleh para syuhada' yang gugur di medan perang jaman dahulu. 
Lomba Makan Krupuk Ala Santri

Ungkapan rasa syukur tersebut sudah diwujudkan dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan  oleh seluruh santri. Diawali dengan Khataman Al-Qur'an pada tanggal 16 Agustus 2021 sebanyak 9 kali khataman,. Dilanjutkan Malamnya Upacara Bendera Pengibaran Merah Putih

Setelah selesai upacara bendera dilanjutkan dengan berbagai macam perlombaan, ada yang bersifat pendidikan seperti Lomba Cepat Tepat ( LCT ) lomba ketangkasan dan kecepatan menjawab soal-soal tentang para pahlawan dan pejuangan.

Lomba Santri Putra

Ada juga lomba yang sifatnya permainan yang hanya sekedar untuk hiburan dan menghibur para santri di masa pandemi. Pasalnya disaat pandemi ini seluruh santri yang masih dalam bangku sekolah belajar daring yang menimbulkan kejenuhan para santri.

Dalam tahun ini lomba-lomba yang sifatnya menghibur antara lain : 
  • Makan kerupuk
  • Volly bal
  • Estafet air
  • Kardus goyang
  • Fashion show
  • Karet muka
"Sengaja diadakan bermacam-macam lomba untuk pelepas penat para santri" Kata Andi Prayoga, sebagai ketua panitia saat ditemui tim redaksi Baitulmustaqim.

"Anak-anak santri merasa terhibur dengan adanya kegiatan tersebut, juga dapat menanamkan jiwa patriotisme dan semangat juang sebagaimana para syuhada' pada jaman dulu" Tambahnya lagi.

Salah satu santri juga mengungkapkan semakin betah dan kerasan tinggal di Pesantren karena belum lama berada di Pondok. "Dengan adanya hiburan pada hari kemerdekaan ini saya sekarang sudah betah dan kerasan tinggal di Pondok" Kata Udin seorang santri dari Palembang.


Demikian Pesta Kemerdekaan Ala  Santri Di Pesantren Lampung, Semoga dengan adanya kegiatan tersebut para santri dapat mengambil hikmah apaarti kemerdekaan tersebut. Terimakasih.....Wassalam....

Post a Comment

Previous Post Next Post