Pembacaan Sholawat Kubro Sebagai Pembuka di Malam Tahun Baru Hijriyah 1443

Pembacaan Sholawat Kubro Sebagai Pembuka di Malam Tahun Baru Hijriyah 1443 - Malam tahun baru Islam 1443 Hijriyah sesuai dengan keputusan Menteri Agama Republik Indonesia jatuh pada malam hari ini. Bertepatan dengan Malam Selasa Pon tanggal 9 ke 10 Agustus 2021 M. Dalam rangka pergantian Tahun baru Islam 1443 H pada kesempatan ini Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim KH. Muchtar Ghozali dengan segenap Pengurus santri Putra dan Putri bersama-sama membacakan Sholawat Kubro. Sebagai bukti cinta pada Rosululloh SAW, maka seharusnya kita mengikuti sunnah beliau dan memperbanyak sholawat dan salam. Dan tentunya sebagai penambah kecintaan kita pada Rosululloh SAW.
Shohibul Ma'had Wa Shohibul Ijazah Sholawat Kubro

Pembacaan Sholawat Kubro dan Istighozah dilaksanakan di kediaman Ndalem Mbah Yai Muchtar dengan penuh semangat dan hikmat. Beliau, sebelum acara dimulai KH. Muchtar mengharapkan dengan dibacakannya Sholawat Kubro dan Istighozah, " Kita semua di tahun depan yang akan kita hadapi selalu mendapatkan Hidayah dan taufiq dari Alloh SWT. Juga mengharapkan syafa'at dari Nabi Muhammad SAW. Selalu diberikan kesehatan baik dhohir maupun Bathin.

Pembacaan Sholawat Kubro Sebagai Pembuka di Malam Tahun Baru Hijriyah 1443

Keutamaan Sholawat Kubro

Dari Sayyidina Abbas R.A, bahwa pada saat Rasulullah SAW sedang duduk di Masjid Nabawi datang Malaikat Jibril menghadiahkan Sholawat (Alfu Alfi Sholatin wa Alfu Alfi Salamin ‘Alaika ya sayyidal Mursalin …. dst). 

Kemudian Malaikat Jibril berkata “Barangsiapa membaca sholawat ini maka Allah SWT akan menciptakan 70.000 malaikat dimana setiap malaikat mempunyai 80.000 kepala dan setiap kepala mendo’akan orang yang membaca sholawat tersebut. Sedangkan doa malaikat dikabulkan Allah SWT ”. (HR. An Nasai).

Baca Juga : 
Didalam mukodimah kitab Sholawat ini tertulis tatacara dan berbagai macam keutamaannya. Diriwayatkan oleh Syeikh Ibnu Muhyidin dalam kitab Tafrikhul Khotir hal 27, sholawat ini diamalkan oleh Syaikh Imam Junaidi Al Bagdadi Waliyulloh dan oleh Sulthonul Auliya Al Ghoust Quthbir-robbani Syaikh Muhyiddin Abdul Qodir Al Jailani Waliyulloh, setiap sehari semalam beliau membaca Sholawat Kubro ini sebanyak 1.000 kali. Dan dilanjutkan dengan membaca Asmaul Husna juga Asmaun Nabi. sehingga beliau memperoleh karomah dan kemuliaan yang sangat tinggi dari Allah SWT.

Maka setidaknya dalam sehari semalam membaca sholawat Kubro sekali, karena fadhilah atau keutamaannya sangat besar sekali. Keutamaan Sholawat Kubro atau biasa yang disebut dengan sholawat Jibril jika diamalakan secara istiqomah antara lain :
  1. Mendapatkan nikmat yang tiada tara, yang tidak pernah dipikirkan, belum pernah terlihat mata, belum pernah terdengar oleh telinga dan belum pernah terlintas di benak seseorang.
  2. Apabila dibaca secara rutin minimal sekali dalam sehari semalam maka akan mendatangkan ketentraman didalam keluarganya
  3. Diberi kecukupan dalam kehidupan sehari-hari baik pakaian, tempat tinggal ataupun makanan.
  4. Dikabulkan semua hajatnya
  5. Bisa bertemu dengan nabi muhammad SAW jika bisa melanggengkan dan memperbanyak bacaan sholawat kubro.
  6. Barangsiapa membaca Sholawat Kubro secara rutin maka diberikan ketentraman hati, tercapai tujuan dunia dan akhirat, selalu dipelihara ALLAH SWT Iman dan Islamnya.
  7. Barangsiapa mengharapkan dimudahkan dapat berziarah ke Tanah Suci Makkah dan Madinah (Haromain Syarifain), maka hendaknya memperbanyak membaca Sholawat kubro dengan rasa ikhlas dan mahabbah (cinta) pada Rasulullah SAW.

Tatacara Pembacaan sholawat Kubro

Sebelum membaca sholawat kubro baiknya bersuci sebagaimana ibadah-ibadah yang lain. Bertawasul kepada :
  1. Nabi Muhammad SAW beserta Keluarganya
  2. Sahabat Nabi Muhammad SAW 
  3. Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Waliyulloh
  4. Syekh Imam Junaidi Al-Bahgdadi Waliyulloh
  5. Syekh Ibnu Muhyidin Al-Irbili Waliyulloh
  6. Dan Para Auliya juga para Syuhada'


Bagi Santri ataupun wali santri Pondok Pesantren Baitul Mustaqim Baitul Mustaqim yang ingin mendapatkan tek Sholawat Kubro secara lengkap bisa menghubungi Pengurus harian.

Demikian informasi yang dapat admin bagikan, Pembacaan sholawat Kubro Sebagai Pembuka Di Malam Tahun Baru Hijriyah 1443 semoga bermanfaat dan tentunya kita mendapatkan syafa'at beliau Nabi Muhammad SAW kelak Di hari akhir. Semoga pula pada awal tahun Baru 1443 Hijriyah ini kita semua diberikan kesehatan keselamatan dari Allah SWT. Terbebas dari virus covid-19 yang sedang melanda Dunia ini juga Negeri kita tercinta ini, Aamiin Ya Robbal 'Alamiin.

Terimakasih ..... Wassalam ..... ( AndikaBM )

5 Comments

  1. Semoga dengan pembacaan sholawat, diawal tahun ini dapat membawa kita lebih baik lagi dan menambahkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT...

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah
    Aamiin aamiin aamiin aamiin ya rabbal alamin

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post