5 Hari Pelatihan Pasca Pembukaan BLK Komunitas Baitu Mustaqim

5 Hari Pelatihan Pasca Pembukaan BLK Komunitas Baitul Mustaqim Punggur - Setelah 5 hari dibukanya BLK Komunitas Baitul Mustaqim pada tanggal 18 Agustus kemarin, Para peserta diajarkan teknik-teknik dasar dalam menjahit. Sebelumnya instruktur dilatih di Semarang selama 40 hari.   

Hari ke 5 Peserta Belajar di BLK


Langkah awal pelatih yang disampaikan kepada seluruh peserta yaitu :
Pengenalan tentang mesin jahit, yang meliputi
  • Fungsi-fungsi mesin jahit, 
  • Portable, 
  • Mesin Obras
  • Setrika Uap
  • Alat potong kain
  • Penggaris-penggaris dan fungsinya
"Selain pengenalan tentang mesin jahit dalam waktu 5 hari ini peserta sudah diajarakan cara menjahit lurus, menjahit zigzag, lingkaran, membuat berbagai macam fragmen saku ( kantong ), membuat manset lengan, kerah kemeja, memasang reliting, memasang kancing, memasang lubang kancing, hak kait, tatacara mengukur tubuh pelanggan". Kata instruktur saat ditemui pewarta. 
Perserta Mendengar Pengarahan Instruktur

"Juga sudah diajarkan membuat pola kemeja, membuat pola rok, pola celana, pola dasar wanita, mengubah pola dasar ( pcah pola )" Tambahnya Mualim lagi.

Dalam waktu yang relatif singkat selama 5 hari tersebut para peserta harus mampu menguasai berbagai macam pengenalan dan praktik-praktik ringan yang telah diberikan oleh instruktur. Walau pasti ada beberapa dari peserta masih kebingungan dalam mempraktikkan semuanya.

"Saya masih agak kesulitan untuk memasang benang pada mesin obras" kata salah satu peserta laki-laki yang ada. 

Jika 5 hari pertama sudah mampu menguasai semuanya, maka kemudahan akan didapatkan untuk 5 hari selanjutnya. 

Baca Juga : 
Demikian yang dapat admin sampaikan terkait 5 Hari Pelatihan Pasca Pembukaan BLK Komunitas Baitul Mustaqim. Semoga seluruh peserta segera mampu menguasai seluruh materi yang telah diberikan oleh pelatih selama 5 hari pertama ini. Terimakasih. ..... Wassalam .... San3kalongbm






1 Comments

Post a Comment

Previous Post Next Post