Sederhana Nan Hikmad, Haul Ibu Nyai Imyati Ke-11

Sederhana Nan Hikmad, Haul Ibu Nyai Imyati Ke-11 

Assalamualaikum Wr. Wb. San3kalong - Sebelas tahun sudah kepergian sosok seorang ibu yang sangat berarti dikeluaga besar Pondok Pesantren Baitul Mustaqim. Malam hari ini Kamis malam Jum'at 1 Juli 2021 di halaman Pondok Pesantren Baitul Mustaqim tengah digelar sebuah acara Sederhana Nan Hikmad Haul Ibu Nyai Imyati ke-11


Almh. Ibu Nyai Imyati

Ibu Nyai Imyati binti Sukari adalah seorang sosok Ibu Nyai yang tangguh, yang ikut serta berjuang merintis pertumbuhan dan perkembangan Pondok dari sejak awal berdirinya Baitul Mustaqim yang saat ini kita kenal dengan megah bangunannya, santri yang banyak. Pada awal-awal dulu saat masih bersama Ibu Nyai Imyati santri mayoritas ngalong, dan beberapa santri mukim, santri Ndeso ( warga setempat ) yang hanya datang saat sore pulang saat pagi hari. Asrama putri yang masih bersama dengan Ndalem Kediaman Abah Yai dan Ibu Nyai satu bangunan.


Suasana Jamaah Selesai Kiriom Do'a

 

Dengan segala kekurangan Pesantren saat itu Ibu Nyai tetap tangguh mendampingi Abah Yai Muchtar Ghozali.  Asrama putra masih geribik ( Ayaman dari bambu ) dan masih banyak lagi kekurangan baik dari segi bangunan, jumlah santri mukim yang hanya beberapa dan lain-lain.


Para Sesepuh Saat Tahlilan

Sederhana Nan Hikmad, Haul Ibu Nyai Imyati Ke-11

Apabila tahun-tahun yang sudah Haul Ibu Nyai Imyati selalu dilaksanakan dengan meriah, dengan diadakannya pangajian, juga menghadirkan para alumnus Baitul Mustaqim yang tergabung dalam sebuah grup FORSILA PPBM Forum Alumni Santri Pondok Pesantren Baitul Mustaqim dari berbagai tingkatan dan daerah. Karena saat ini, tahun ini masih dalam masa pandemi covid-19 maka acara tersebut dilaksanakan dengan Sederhana Nan Hikmad.


Demi memutus tali penyebaran virus Covid-19 maka hanya warga sekitar dan Santri yang saat ini bermukim di Pesantren. Sebagai salah satu upaya membantu Program Pemerintah dalam penanggulangan penyebaran Virus Covid-19 yang semakin meraja lela.

Baca Juga : 

Dalam acara tersebut Abah Yai Muchtar Ghozali selaku Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim menyampaikan bahwa " Mati atau meninggal itu tidak memandang usia, muda atau tua pasti akan mati. Tidak memandang sehat atau sakit pasti akan mati atau meninggal ". Beliau mengutip sebagian ayat dari Al-Qur'an surat Al Baqarah 197.

وَتَزَوَّدُوۡا فَاِنَّ خَيۡرَ الزَّادِ التَّقۡوٰى

Artinya : " Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa " 

" Maka, mari kita siapkan bekal untuk menuju alam akhirat yang kekal abadi." tambah beliau. Dalam acara Haul tersebut selain kirim do'a kepada Ibu Nyai Imyati juga kirim Do'a untuk ibu Mertua Ky. Sya'roni yaitu Ibu Khosiah yang belum lama ini meninggal dunia. juga untuk Beliau Ky. Habib bin 'Ali Hasyim salah satu putra simbah Yai 'Ali Hasyim yang juga baru beberapa hari meninggal dunia.


Dalam acara kirim do'a pada malam itu diimami langsung oleh Abah Yai Muchtar Ghozali dan do'a di pimpin oleh KH. Abdul Jalal, seorang Guru sesepuh di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim yang saat ini Alhamdulillah masih sehat dan masih bersemangat berjuang demi menciptakan santri-santri yang ahli Fiqih dan hadits.


Demikian informasi yang dapat admin bagikan, semoga arwah Beliau Ibu Nyai Imyati mendapatkan ampunan, mendapakan nikmat kubur, dan nantinya termasuk golongan orang yang mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW berkat perjuangan beliau. Amiin amiin Ya Mujibassailiin.


Terimakasih, Tetap kunjungi dan ikuti Blog Baitul Mustaqim yang akan selalu memberikan update informasi-informasi terbaru seputar Pesantren Baitul Mustaqim dan Pondok-pondok lainnya. Wassalamu'alaikum Wr. Wb

7 Comments

  1. 😭 rasa rindu ini semakin bertambah ketika melihat kisah beliau, terbayang wajah yang sangat.......
    Entahlah tak bisa di ungkapkan.
    Lahal fatihah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadiah Fatikhah kepada beliau almarhumah bisa sebagai pengobat rindu.....

      Delete

Post a Comment

Previous Post Next Post