Idul Adha Baitul Mustaqim di Masa Pandemi Covid-19

Idul Adha Baitul Mustaqim di Masa Pandemi Covid-19

Baitulmustaqim- Idul Adha atau Hari Raya Kurban, yaitu sebuah hari raya besar umat Islam selain Hari Raya Idul Fitri. Namun perbedaan hari raya Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah dan disertai dengan kegiatan penyembelihan hewan kurban. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan pada setiap tanggal 1 Syawal di bulan Hijriah dan diikuti dengan kegiatan bersilaturahmi antar keluarga sesama muslim.

Malam Pembukaan Lomba pada Hari raya Idul Adha
Di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim kegiatan Hari Raya Idul Adha tahun ini dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun kemarin. Pada tahun-tahun yang lalu pasti mengadakan lomba takbir keliling yang diikuti oleh seluruh santri juga masyarakat sekitar. Karena masih dalam situasi pandemi maka kegiatan di Pondok Pesantren Baitul Mustaqim diadakan secara sederhana dengan mengadakan lomba takbir dan pembacaan sholawat yang hanya dilakukan diaula Pondok.


Prosesi Pemotongan Hewan Kurban 
Dalam Pembukaan acara tersebut di buka langsung oleh Kepala Madrasah Mualimin Pertama Miftakhul Ulum, S. Pd.I. Dalam sambutan tersebut menyampaikan kepada seluruh santri dengan pokok pembahasan antara lain :  
  1. Tidak ada pawai takbir keliling, Karena masih dalam keadaan Pandemi Covid-19 maka kegiatan Takbir keliling di tiadakan. Demi terciptanya kesehatan keluarga besar Pondok Pesantren Baitul Mustaqim.
  2. Idul Adha di tengah wabah Covid-19, Karena Hari Raya Idul Adha sekarang ini dalam keadaan Pandemi seperti ini, maka seluruh santri harus tetap menjaga imun masing-masing supaya tetap sehat.
  3. Sejarah Kurban Nabi Ibrahim, Ibadah Kurban sudah ada sejak jaman Nabi Ibrahim as, yang diuji imannya oleh Allah SWT dengan perintah untuk menyembelih putra kesanyangannya yang pada akhirnya di ganti dengan Domba. Untuk itu seluruh santri harus bisa mengambil suri tauladan dari Beliau, untuk ikhlas beribadah kepada Allah SWT.
  4. Seluruh santri diharapkan tetap mendo'akan Kesehatan, juga kesembuhan untuk Pengasuh Pondok Pesantren Baitul Mustaqim KH. Muchtar Ghozali yang saat ini kurang begitu sehat.
Lomba yang diadakan pada Hari Raya Idul Adha pada tahun ini sebatas dilingkungan Pesantren saja. Yaitu Lomba Takbir bagi santri Putra, dan lomba pembacaan Sholawat atas Nabi bagi santri Putri. Walau sangat berbeda dengan tahun-tahun yang sudah kegiatan ini dikuti oleh seluruh santri dengan sangat antusias. Selain dari lomba-lomba yang ada juga dilaksanakan pemotongan hewan kurban.


Demikian Informasi yang dapat admin bagikan seputar Idul Adha Baitul Mustaqim di Masa Pandemi Covid-19. Semoga semua tetap diberikan kesehatan dan semoga pandemi segera berlalu. Tetap kunjungi dan ikuti Blog Baitulmustaqim.com

Terimakasih, Wassalamu'alaikum Wr. Wb


3 Comments

  1. Semoga pondok pesantren BAITUL MUSTAQIM menjadi wadah pondasi bagi penerus generasi muda Islam yg menguasai berbagai ilmu Islam dan menjadikan seluruh santri yg ta'limu muta'alim.

    ReplyDelete

Post a Comment

Previous Post Next Post