Santri AKIK ; Santri Aktif, Kretif, Inovatif, Komunikatif


Image : Slogan Santri Mandiri ; AKIK (Aktif, Kreatif, Inovatif, Komunikatif)

Santri merupakan sosok anak didik yang memiliki sifat mandiri dalam hidup. Jauh dari keluarga, sehingga semuanya dikerjakan sendiri di pesantren. Disebutkan pula bahwa santri adalah pengambil resiko (risk taker). Ia meninggalkan kenyamanan yang ada di rumah dan tinggal di pesantren yang fasilitasnya seadanya.

Dari beberapa sumber yang ada, dua sifat tersebut di atas adalah sifat dasar daripada seorang entrepreneur atau pengusaha. Jika memang seperti itu, sebetulnya santri sudah memiliki modal awal untuk menjadi seorang entrepreneur, tapi di lapangan kita bisa hitung berapa santri yang menjadi seorang entrepreneur? Pasti lebih banyak yang tidak.  

Terkait hal ini, Pondok Pesantren Baitul Mustaqim membuka Unit-unit Pelatihan Kerja (Lab Skill) Santri. Dengan pelatihan seperti ini, kreatifitas santri akan terus tumbuh berkembang. Pelatihan kerja yang disalurkan kepada para santri antar lain : seni grafis, desain interior, perbengkelan, kontruksi bangunan, barber, menjahit, teknisi elektronik, pertanian, toko (koperasi pondok pesantren), Administrasi Perkantoran, dll.

Dengan pelatihan-pelatihan ini, diharapkan para santri sesudah lulus akan bisa menerapkan keterampilan yang telah dikuasai. Dan ketika menjadi seorang pengusaha, akan menjadi pengusaha yang jujur dan berakhlakul karimah.
Lebih baru Lebih lama