Baitul Mustaqim, Tumbuhkan Softskill Kewirausahaan Santri Melalui Market Day


Sidorahayu – Banyak kegiatan sebagai alternatif mengisi jeda kegiatan bulanan, Salah satunya adalah Market Day. Kegiatan ini berupa belajar menjual berbagai hasil karya santri  berupa kreasi makanan , minuman, dll.  

Market Day mendidik mengembangkan jiwa kewirausahaan sekaligus penguatan karakter santri. Dalam kegiatan kali ini, Peserta Market Day (penjual) dari beberapa santri junior dipilih dan dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil dan dibimbing beberapa santri senior (Inabah). Sedangkan konsumen atau pembelinya adalah seluruh warga pesantren. 

Dijelaskan oleh Beliau Ky. M. Sya’roni selaku Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Baitul Mustaqim, "Ada nilai religius dalam hal ini, kemandirian dan gotong royong. Dari nilai religius, Santri dilatih untuk melakukan nilai-nilai kejujuran dalam transaksi jual-beli sampai dengan laporan perolehan hasil. Wujud sikap mandiri dan gotong royong, santri-santri diberi kebebasan untuk mempersiapkan lapak, memilih dan menjajakan barang dagangannya. Pesantren  hanya memberi rambu-rambu bahwa yang dijual dalam bentuk jajanan makanan dan minuman dan kreasi-kreasi yang lain, dan tidak bernilai label kelas atas (mahal). Market Day ini salah satu program pesantren yang baru di tahun ajaran 2018-2019, untuk mengenalkan jiwa enterpreneur. Sebagai bekal santri  terjun ke masyarakat setelah lulus nanti."

Dijelaskan pula dari pemilihan menu makanan dan minuman, serta konsep pemasaran dan manajemen usaha, diserahkan semuanya kepada santri. Santri–santri diberi keleluasaan menggunakan lingkungan pesantren  yang berupa halaman, sebagai lokasi tempat membuka usaha mereka dalam acara Market Day tersebut.


“Dalam acara ini tidak ada intervensi dari para Majelis Pengasuh. Santri-santri sendiri yang berkreativitas maunya seperti apa.” Namun ternyata konsep para santri dinilai luar biasa. Halaman pesantren  dirubah menjadi lapak-lapak sebagai pasar. Ditambah pula dengan menampilkan film sebagai hiburan dan daya tarik bagi pengunjung Market Day.
Market Day sebagai ajang untuk mengasah kemampuan diri bidang kewirausahaan. Kegiatan ini memberi pengalaman kepada santri.
“Tentunya ini sangat bermanfaat untuk bekal nanti setelah lulus. Pengalaman yang diperoleh dapat dikembangkan lagi saat nanti ketika pulang.


Sumber : Admin

Lebih baru Lebih lama